Mahasiswa UMA Raih Juara I Mahasiswa Berprestasi Kopertis Wilayah I Sumatera Utara


Mahasiswa tingkat akhir Universitas Medan Area (UMA) berhasil meraih Juara I Dalam pembuatan Karya Ilmiah. Saipul Sihotang adalah mahasiswa Jurusan Biologi UMA tingkat Akhir, berhasil Memanfaatkan limbah pertanian menjadi energi Alternatif pengganti bahan bakar minyak dan gas.

Saipul membuat bahan alternatif tersebut dari limbah jagung yang ia beri nama dengan Brio Briket Arang. Bahan bakar Minyak dan gas yang bersumber dari fosil semakin menurun jumlahnya, maka dengan alasan tersebut Saipul mencari bahan alternatif untuk dijadikan bahan bakar.

Dari pengalamannya saat penelitian di daerah Karo yang terkena dampak erupsi Gunung Sibabung. Saipul mendapatkan Ide untuk membuat Brio Briket Arang, karena para petani hanya mengambil jagungnya dan membuang tongkolnya. Dengan ide kreatifnya tersebut Saipul berharap bisa membantu memulihkan ekonomi masyarakat daerah yang terkena erupsi dengan memproduksi Brio Briket Arang.

Universitas Medan Area Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi Prodi Agribisnis Fakultas Teknik Prodi Elektro Prodi Mesin Prodi Arsitektur Prodi Informatika Prodi Sipil Prodi Industri Fakultas Psikologi Fakultas Isipol Prodi Pemerintahan Prodi Administrasi Publik Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Hukum Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Prodi Manajemen Prodi Magister Psikologi Prodi Magister Hukum Prodi Magister Administrasi Publik Prodi Magister Agribisnis Prodi Doktor Ilmu Pertanian

Comments

Popular posts from this blog

UI Peringkat 47 Kampus Terbaik Dunia Versi THE Impact Rankings 2020

Pandemi Corona, Penerimaan SNMPTN 2020 Tunggu Rapat Para Rektor Se-Indonesia